Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi
berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah
gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi
interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan
sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks,
grafik dan animasi.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan
koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios
informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang
menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan
gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi
membangkitkan sense realistis.
Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak
ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat
input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau
tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai
jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan
berupa cetakan melainkan aroma.
Disini
dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.
Konsep
Dasar Multimedia
Dasar Multimedia
Seperti yang telah dituliskan diatas (Pengertian Multimedia), multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar,
suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer
. Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur
dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka
Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia
linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu
interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang
dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari
komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah
sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan
membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan
Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia
memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
Ø Meningkatkan
efektifitas penyampaian informasi
Ø Mendorong
partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
Ø Merancang
panca indra, karena bersifat visual
Ø Memberikan
kemudahan pemakaian.
Elemen
– elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah
dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi
kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang
paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah,
disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada
beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format
text, dan hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang
paling dasar, berbentuk kode ASCII.
Ø Plain
text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
Ø Rich
format text merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah
diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti
huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
Ø Hypertext,
biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non linear,
contohnya adalah HTML dan XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang
bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan
terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi
lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam
mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto,
hasil scanner maupun bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga
dimensi. Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam
yaitu
Ø Grafik
Bitmap
Bitmap
disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau
pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan
ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau
gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar
karena grafik disimpan per pixel.
Ø Grafik
Vektor
Grafik
vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk
menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua
dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan
koordinat, ukuran , ketebalan dan sudut. Grafik vektor cenderung
berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) ,
vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
4. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang
dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk
kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis
yaitu visible image, non visible image dan abstract image.
Ø Visible
image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
Ø Non
visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam
bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur
lainnya
Ø Abstrak
: gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam
aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan
oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk
menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan
oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek
suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI dan WAVE.
Ø MIDI
( Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara
yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat
memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia,
suara tetesa air dan lain-lain
Ø WAVE
merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan
memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari
manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun
video lebih cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara
langsung. Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti
gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan
informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep
Dasar Warna dalam Multimedia
Ø RGB
(Red, Green, Blue)
Warna
RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan
presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti
komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di
monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
Ø CMYK
( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK
(adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna
utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses
pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan
yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan
untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari
setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan
pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan
urutan dari singkatan tersebut.
Daftar pustaka
What applications are used for multimedia?
BalasHapusBagaimana cara mengembalikan multimedia yang crash di komputer?
BalasHapusWoww,,This is a very good post! Just keep updating much useful information THANKSS
BalasHapus